Profil MA Unggulan Al-Mustofawiyah

A. Identifikasi Madrasah

1.  Nama Madrasah           :  MADRASAH ALIYAH AL MUSTOFAWIYAH

2.  Alamat                            :

a.       Jalan                           :  JL. Masjid Awwabin  Rt 2 Rw 4

b.      Desa                              :   Palang

c.       Kecamatan                 :  Palang

d.       Kabupaten                  :  Tuban

e.      Propinsi                         :  Jawa Timur

f.       Nomor Telepon           :  0356-7003676 – 081330585101

g.      Kode Pos                        :  62391

3.  Status Sekolah                 :  Swasta

4.          Tipe Akreditasi        :  Terakreditasi  B

5.          SK Akreditasi           :

a.      Nomor                            :  B/Kw.13.4/MA/932/2007

b.     Tanggal                           :  15 MEI 2007

6.          NSM                           :  131235230010

7.          NPSN                         :  20505445

8.          Tahun Berdiri         :  1987

9.          Pendiri                       :  KH. Achmad Musthofa  Dan K. Sulchan

10.        Nama Kepala Madrasah    :  Rofi’uddin , S.Pd, M.Pd.I

11.        SK Kepala Madrasah           :

a.      Nomor                            :   72/MA/Mus/Mrf/ VII/1997

b.     Tanggal                          :   16 Juli 1997

12.        Nama Yayasan        :   Yayasan  Pondok Pesantren  Al Mustofawiyah

13.        Jumlah Guru pada Tahun Pelajaran 2010/2011

 

a. Guru PNS                          :  1       Orang

b.     Guru Tetap Yayasan  :   20    Orang

Jumlah                                 :   21   Orang

c.      Tata Usaha                   :    4     Orang

d.     Pustakawan                  :    1     Orang

e.      Keamanan  Sekolah  :      1     Orang

f.      Pengurus Komite       :    9    Orang

  1. 14.            Data Siswa

 

   2. Perkembangan Sekolah 4 Tahun  Terakhir

 

NO

Rombongan Belajar

 

TAHUN AJARAN

 

Keterangan

2008 / 2009

2009 / 2010

2010/ 2011

2011/2012

1.

Kelas I

2

2

2

1

-

2.

Kelas II

2

2

2

2

-

3.

Kelas III

2

2

2

2

-

Jumlah

6

6

2

5

-

NO

Siswa

 

TAHUN AJARAN

 

Keterangan

2008 / 2009

2009 / 2010

2010 / 2011

2011/2012

1.

Kelas I

63

71

63

39

-

2.

Kelas II

66

 71

66

62

-

3.

Kelas III

62

60

 62

64

-

Jumlah

191

 202

 191

165

-

 

Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2010/2011

 

Kelas  X

a.      Siswa Laki-laki           :   22            Anak

b.     Siswa Perempuan      :   41            Anak

c.      Jumlah                 :     63            Anak

Kelas  XI

a.      Siswa Laki-laki           :     22           Anak

b.     Siswa Perempuan      :     44           Anak

c.      Jumlah                 :   66           Anak

Kelas  XII

a.      Siswa Laki-laki           :                 21          Anak

b.     Siswa Perempuan      :                 41          Anak

c.      Jumlah                 :                 62          Anak

Jumlah Kelas  X, XI, XII     :

a.      Siswa Laki-laki           :                 65          Anak

b.     Siswa Perempuan      :               126          Anak

c.      Jumlah                 :               191          Anak

 

Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2011/2012

 

Kelas  X

a.      Siswa Laki-laki           :   13            Anak

b.     Siswa Perempuan      :               26            Anak

c.      Jumlah                 :               39            Anak

Kelas  XI

a.      Siswa Laki-laki           :               22           Anak

b.     Siswa Perempuan      :               41           Anak

c.      Jumlah                 :   63           Anak

Kelas  XII

a.      Siswa Laki-laki           :                 22          Anak

b.     Siswa Perempuan      :                 44          Anak

c.      Jumlah                 :                 66          Anak

Jumlah Kelas  X, XI, XII     :

a.      Siswa Laki-laki           :                 57          Anak

b.     Siswa Perempuan      :               111          Anak

c.      Jumlah                 :               168          Anak

 

  1. B.       LATAR BELAKANG HISTORIS

                Madrasah Aliyah Al-Mustofawiyah didirikan pada tahun 1987 M oleh KH. Achmad Mustofa, dan K. Sulchan Thoha, serta didukung beberapa guru lainnya yaitu Ir. Hadi Sutrisno, MM, Sabenin Rimata, BA, K. Masykur,BA, dan K. Zamahsyari, BA. Lembaga ini di bawah naungan pondok pesantren Al-Mustofawiyah yang telah berdiri sejak tahun 1925 M oleh KH. Musthofa (yang disebut Mbah Topo) MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang sebagai lembaga pendidikan formal program studi ilmu-ilmu sosial, diharapkan mampu mengisi pembangunan bangsa dan Negara sesuai dengan keilmuan yang dimilikinya. Pendidikan ilmu-ilmu agama di MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang, sebagai tujuan Tafaqquh fiddin, dengan fungsi pemeliharaan, pengembangan, penyiaran dan pelestarian ajaran Ahlus Sunnah Wal-jamaah.

Secara sederhana MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang, ingin mencetak peserta didik yang berkepribadian mandiri dalam kebersamaan atau rentang antara individualitas dan sosialitas. MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang berkeinginan mengarahkan peserta didik yang terpanggil untuk mengenal alam diri dan lingkungannya guna mencukupi kebutuhan hidupnya atau rentang antara jasmaniyah, bakat kodrat dan kreatifitas maupun tanggung jawab kepada keluarga. MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang bermaksud memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat, bangsa dan Negaranya. Dalam rangka mencapai tujuan dan harapan yang dimaksud, maka MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang telah melakukan upaya-upaya perbaikan yang menyangkut :

Periodisasi Kepemimpinan MA Unggulan Al Mustofawiyah Dengan Segala Upayanya.

  1. 1.              Periode Pertama Tahun 1986 – 1987    KH. Achmad Mustofa (Kepala Madrasah yang pertama / Pendiri )

MA Unggulan Al Mustofawiyah pada masa beliau adalah masa – masa sulit , karena dalam rangka berjuang . Semua dalam keterbatasan , keterbatasan sarana prasarana, keterbatasan dana, keterbatasan guru dsb. Beliu tidak lama memimpin Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah, karena kondisi kesehatannya yang juga semakin tua, maka akhirnya kepemimpinan beliau diserahkan kepada Ir. H. Hadi Sutrisno, MM.

  1. 2.         Periode Kedua Tahun 1987 – 1988  Ir. H. Hadi Sutrisno, MM.

Pada kepemimpinan beliau , kondisi MA,Al Mustofawiyah belum dapat berkembang secara signifikan . Hal ini disebabkan beliau belum dapat menjalankan fungsi kepemimpinan kepala madrasah dengan banyak ketrebatasan . Oleh karena itu dalam menjalankan tugas sehari-hari, beliau didampingi tenaga muda yang cukup potensi dan  mumpuni dilihat dari disiplin keilmuan agama dan umumnya. Beliau adalah K. Sulchan  yang lulusan pondok pesantren dan juga Pegawai Negeri, yang kemudian  banyak tampil dalam melaksanakan fungsi sebagai kepala madrasah sampai akhir tahun pelajaran 1988 .

Pada kepemimpinan beliau inilah , Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah mengikuti Ujian Negara pertama tahun 1988 .

  1. 3.           Periode Ketiga Tahun 1988 – 1997   Sabenin Rimata, BA

Beliau menjadi Kepala Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah pada Tahun 1988 – 1997. Beliau memimpin cukup arif dan bijaksana. Pada periode ini, mulai berkembang jumlah muridnya , jumlah gurunya dan peningkatan fasilitas yang lain . Beliau memimpin sampai tahun 1997.

  1. 4.     Periode Keempat Tahun 1997 – Sekarang (2011)    Rofi’uddin, S,Pd, M,Pd.I 

Figur dan sosok ini adalah seorang alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang dan  STKIP Jombang sedangkan S2-nya dari UNISMA Malang  Berkat kharisma yang dimilikinya, ia berusaha menjadikan Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah, madrasah terbesar swasta di Kabupaten Tuban. Beliau adalah Guru Agama swasta  yang diangkat menjadi Kepala Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah. Di tangan beliaulah MA.Al Mustofawiyah mengalami kemajuan, bahkan jumlah muridnya terbesar di Kecamatan Palang Tuban. Indikasinya adalah status madrasah dari Terdaftar ke terakreditasi, jumlah siswa yang pernah sampai 215 siswa, kelulusan selalu 100 %

Berbekal pengalaman dan pendidikan yang beliau miliki, beliau berusaha mengangkat  MA Unggulan Al Mustofawiyah sejajar dengan sekolah sekolah negeri. Beberapa kali menyabet prestasi ditingkat kecamatan maupun kabupaten baik prestasi olahraga, kesenian maupun dibidang pendidikan. Di tangan beliau proses pembelajaran disejajarkan dengan sekolah-sekolah negeri.

  1. C.       VISI , MISI , DAN TUJUAN  :
    1. 1.           VISI

“  Terwujudnya generasi muslim ala ahli sunnah wal jama’ah yang cerdas, terampil tangguh berkepribadian, berakhlaqul karimah serta bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa berlandaskan IMTAQ dan IMTEK menuju masyarakat madani  “

  1. 2.           MISI
  • Mengadakan pembelajaran, latihan, pengkaderan dan pembimbung yang lebih efektif , kreatif dan inovatif.
  • Mengembangkan keagamaan ke-organisasian keterampilan, perekonomian, kesenian,dan lain-lain.
  • Mengembangkan profesionalisme kepada guru, karyaman dan masyrarakat.
  1. 3.           TUJUAN
  2. a.     Tujuan Umum             :

1.       Meningkatkan proses belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan masyarakat.

  1. Meningkatkan mutu madrasah baik tenaga guru, tenaga administrasi maupun siswa
  2. Meningkatkan potensi lidership yang mendorong tercapainya kerjasama secara optimal menuju terbentuknya team work yang handal.
  1. b.     Tujuan khusus             :

1.       Setiap tahun output dapat diterima di semua lembaga pendidikan unggulan sampai 50 %.

  1. Sertifikasi guru mata pelajaran Umum dan Agama pada tahun 2009 sebanyak 4 orang
  2. Pada Tahun 2010 semua jajaran pimpinan madrasah sudah harus mendapat pelatihan menejemen sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
  3. Pada tahun 2008/2009 peserta didik kelas  XII Ujian Nasional lulus 100 % dengan nilai rata-rata mata pelajaran 8,50, dan nilai minimal 6,50 per mata  pelajaran UN.
  1. D.          MANAJEMEN MADRASAH

Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah adalah berstatus madrasah swasta dengan tipe akreditasi B. Dalam menjalankan roda organisasi madrasah, madrasah ini dikendalikan oleh seorang Kepala Madrasah) dan dibantu oleh Wakil Kepala Madrasah.

Untuk urusan administrasi madrasah, kepala madrasah dibantu oleh seorang Kepala Tata Usaha dan 4 (empat) orang staf tata usaha . Staf tata  usaha ini dalam melaksanakan tugasnya diwajibkan masuk pagi. Semua urusan yang berkaitan dengan administrasi madrasah , ditangani oleh bagian tata usaha .

Dalam menjalankan tugas yang bersifat khusus dan teknis, kepala madrasah dibantu oleh 4 (empat ) orang wakil Kepala Madrasah, Wakil  yang membidangi masalah Kurikulum, Kesiswaan, Sarana Prasarana dan Humas. Waka Bidang Kurikulum menangani pembuatan jadwal pelajaran, mengatur pembagian jam mengajar guru, mengatur guru piket, menangani kegiatan mid semester dan semester serta menangani kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam bidang kurikulum. Waka bidang  Sarana Prasarana menangani pembangunan ruang kelas baru, pemeliharaan gedung, perbaikan mebeler, bekerja sama dengan pihak ke-3 mencari bantuan untuk fisik. Waka bidang Kesiswaan menangani kegiatan Ekstrakurikuler seperti Pramuka, Muhadharah, Munaqosah, UKS, PMR, Perkemahan dll. Waka bidang  Humas menangani kerjasama yang lebih harmonis dengan masyarakat secara umum .

Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas-tugas yang berkaitan dengan urusan siswa, dibantu oleh Wali Kelas yang jumlahnya ada 6  wali kelas ( Wali Kelas  X A,B XI IPA/IPS,  XII IPA/IPS). Tugas wali kelas ini adalah menangani pembayaran iuran komite, pembayaran biaya UAS, pembayaran biaya Muwadda’ah, pembayaran Daftar Ulang, pengumpulan nilai mid semester dan semester, penulisan rapor, absensi siswa, koordinator pembuatan administrasi kelas , koordinator 5K di masing-masing kelas. Peran wali kelas ini sangat penting, karena  merupakan jembatan antara siswa dan kepala madrasah, terutama yang berkaitan dengan keuangan dan iuran komite. Pengangkatan wali kelas ini sepenuhnya kewenangan dari kepala madrasah .

Proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah dilaksanakan pada pagi.. Proses pembelajaran pagi hari untuk  semua siswa secara keseluruhan mulai jam 07.00 s/d 12.50, Kegiatan  Pembelajaran  Kurikuler dilaksanakan mulai hari Sabtu s/d Kamis pagi,  hari Jum’at libur umum. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, setiap guru  masuk sesuai dengan jadwal pelajaran, guru yang tidak punya jam tidak diwajibkan masuk, kecuali ada kepentingan yang mendadak, Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari Jum’at ( Pramuka , PMR, UKS, Olahraga) dan pada malam hari (Muhadharah dan Munaqosah ) .

Dalam kaitannya dengan keuangan, madrasah mengangkat seorang Bendahara dan dibantu oleh beberapa koordinator keuangan yang tugasnya menangani keuangan pada sub kegiatan yang lebih kecil . Sistem penggajian di Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah berdasarkan jumlah jam mengajar, dan tunjangan masa kerja dan tunjangan lain .

Dalam rangka terus menjalin hubungan dengan masyarakat ,  Madrasah melaksanakan hubungan yang lebih harmonis dengan Pengurus Komite Madrasah . Melalui Komite Madrasah, masyarakat dapat berperan sebagai  sumber dana berupa iuran komite setiap bulan, melaksanakan pembangunan fisik jika ada bantuan dari Pemerintah, bersama warga madrasah menetapkan RAPBM sampai kepada kontrol terhadap kegiatan  pembelajaran siswa .

E.          DATA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

No

Nama

NIP

Gol.

Jabatan

L/P

Tempat Lahir

Tanggal Lahir

Pendidikan

Jurusan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

Rofi’uddin, S.Pd, M.Pd.I

-

III/c

Kepala Madrasah

L

Tuban

S -2 UNISMA

2

Kim Zainudin, BA

-

-

Guru

L

Tuban

3

KH.Muhaimin

-

-

Guru

L

Tuban

4

K.Darsuki

-

-

Guru

L

Tuban

5

Asma Hanik, S.Ag

-

-

Guru

P

Tuban

6

K. Abdulloh Mahsun

-

-

Guru

P

Tuban

7

Taufiqur Rohman, S.Ag

-

-

Guru

L

Tuban

8

M.Ya’kub M

-

-

Guru

L

Bojonegoro

9

Dra Siti Kholifah

-

-

Guru

L

Tuban

10

Dra Hj. Mahfudlotin

-

-

Guru

L

Tuban

11

Khotimah, S.Pd

-

-

Guru

L

Tuban

12

Nur Aliyah, S.Pd

-

-

Guru

L

Gresik

13

Ach Zamroni, S.Pd

-

-

Guru

L

Tuban

14

Warsih S.Pd

-

-

Guru

P

Tuban

15

Wahyunigsih, S.Pd

-

-

Guru

L

Lamongan

16

M. A. Ghurry, S.Ag. M.Pd.I

-

-

Guru

L

Tuban

17

Ali Muhtar

-

-

Guru

L

Lamongan

18

Khoiron, S.Ag

-

-

Guru

L

Lamongan

19

M. Faizin

-

-

Guru

L

Tuban

20

Endang Eliyati, S.Pd

-

-

Guru

L

Tuban

21

Hj. Dewi Insani, S.Pd

-

-

Guru

L

Tuban

F.     KURIKULUM.

Berdasrkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006, Madrasah Aliyah bersama steakholder dan Guru  menyusun KTSP Tahun 2009/2010,  lengkap dengan RPP dan Silabus, sebagai acuan untuk pelaksanaan pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2008 / 2009 .

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standari Isi . Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Aliyah  dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Di samping itu MA Unggulan Al Mustofawiyah  juga memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor : DJ. II.1/PP.00/ED/681/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi, bahwa Madrasah dapat mengembangkan Kurikulum terutama pada Mata Pelajaran PAI .

Struktur Kurikulum dan Pengaturan Beban Belajar di MA Unggulan Al Mustofawiyah merujuk pada Permen Diknas Nomor 22 tahun 2006. Dalam Permen Diknas tersebut dijelaskan bahwa struktur kurikulum MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas  X sampai dengan kelas  XII. Struktur dan muatan kurikulum di MA Unggulan Al Mustofawiyah adalah sebagai berikut :

c

KOMPONEN

KELAS DAN ALOKASI WAKTU

X

XI

XII

A

1

MATA PELAJARANPendidikan Agama Islam
  1. Quran Hadist
  2. Aqidah Akhlak
  3. Fiqih
  4. Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

Bahasa Arab

2

2

2

4

Bahasa Inggris

4

4

4

5

Matematika\

6

6

6

6

Geografi

7

Sejarah

8

Sosiologi

9

Biologi

10

Kimia

11

Ilmu Pengetahuan Alam

4

4

4

12

Ilmu Pengetahuan Sosial

2

2

2

13

Kesenian/ Seni Budaya

2

2

2

14

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

2

2

2

15

Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

16

Muatan Lokal

  1. Bahasa Jawa
  2. Aswaja
  3. Nahwu
  4. Sharaf
  5. Faroid
  6. Baca Al Qur’an
  7. Imla’
  8. fathul Qorib
  9. fathul majid
  10. Ta’lim Mutallim
  11. Iddatul Faridh
  12. Al Ibris

2

1

1

1

-

1

1

2

1

1

1

1

1

-

2

1

1

1

1

1

-

C

Pengembangan Diri

0

0

0

TOTAL

45

45

45

Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, yaitu menjadi manusia yang mampu menata diri dan menjawab berbagai tantangan baik dari dirinya sendiri maupun dari lingkungannya secara adaptif dan konstruktif baik dilingkungan keluarga maupun masyarakat. Pengembangan diri di madrasah bersifat pilihan, dalam arti setiap siswa wajib mengikuti kegiatan pengembangan diri, tidak termasuk dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling yang merupakan program pengembangan diri wajib.

Ruang lingkup pengembangan diri meliputi :

ü  Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

ü  Kesadaran mengikuti aturan.

ü  Kesadaran akan kemandirian.

ü  Kesadaran untuk bersosialisasi.

ü  Kesiapan menuju kematangan.

ü  Kematangan untuk melakukan aktifitas dalam suasana normal.

ü  Kemampuan ketrampilan hidup yang dasar.

ü  Ketrampilan sosial.

ü  Ketrampilan mengelola agresifitas

ü  Ketrampilan memecahkan masalah

ü  Ketrampilan pengembangan diri

Berdasarkan kondisi obyektif sekolah, pengembangan diri yang dipilih dan dilaksanakan di MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang   Tuban   adalah sebagai berikut :

 Bimbingan Konseling , Wajib Doa Bersama sebelum dan sesudah Pelajaran, Mengaji Al-Qur’an bersama sebelum  Pelajaran, Sholat Dhuhur Berjamaah, Upacara Bendera,  Mengucapkan salam saat bertemu,  Pondok Ramadhan,  Istighostah,     Mengkaji Kitab Kuning, Munaqosah,  Pramuka,   Baca Al-Qur’an,  Komputer.

 

Mekanisme dan Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri

  1. Kegiatan pengembangan diri yang bersifat rutin dilaksanakan pada waktu pembelajaran efektif dengan mengalokasikan waktu khusus dalam jadwal pelajaran, dibina oleh guru dan konselor.
  2. Kegiatan pengembangan diri yang bersifat spontan dilaksanakan secara insidental baik di waktu pembelajaran efektif maupun di luar jam pembelajaran efektif yang dibina oleh semua guru, wali kelas maupun konselor.
  3. Kegiatan pengembangan diri terpogram dilaksanakan di luar jam pembelajaran (Kegiatan Ekstrakurikuler) dibina oleh guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi baik berdasarkan keputusan kepala sekolah.

4        Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dilaksanakan dengan   menugaskan guru pembina yang memiliki kompetensi di bidangnya baik dari guru madrasah maupun dari pihak luar madrasah.

Kegiatan MA Unggulan Al Mustofawiyah di luar jam Sekolah

-       Kepramukaan

-      Drum band

-      Olahraga

-      Muhadhoroh

-      Diskusi/Dialog

-      Diklatpim

-      PHBI dan PHBN

-      Kursus/Pelatihan-pelatihan

-      Seni Baca Al-Qur’an

-      Istighosah

-      Lomba-lomba/Class metting

-      Bakti Sosial dan Santunan

-      Khotmil Qur’an

-      Group Sholawat dan Musik Band  

Ketuntasan Belajar

Ada beberapa hal yang bisa dijelaskan berkaitan dengan ketuntasan belajar, yaitu:

  1. Nilai (kognitif dan psikomotorik) dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat, dengan rentang 0-100.
  2. Nilai ketuntasan belajar maksimum adalah 100.
    1. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran sebagai berikut

Kelas X

Mata Pelajaran

Kriteria Ketuntasan Minimal

PPK dan Praktik

Sikap

  1. Pendidikan Agama
 a. Alqur’an dan Hadits

75

B

 b. Akidah Akhlak

75

B

 c. Fiqih

75

B

 d. Bahasa Arab

65

B

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

75

B

  1. Bahasa  Indonesia

75

B

  1. Bahasa Inggris

65

B

  1. Matematika

65

B

6.   Fisika

65

B

7.   Biologi

65

B

8.   Kimia

65

B

9.   Sejarah

75

B

10. Geografi

75

B

11. Ekonomi

75

B

12. Sosiologi

75

B

13. Seni Budaya

75

B

14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

75

B

15. Teknologi Informasi dan Komunikasi

75

B

16. Muatan Lokal / Belajar Membaca Kitab (BMK )

75

B

17. Pendidikan Jurnalistik (Life Skill)

75

B

18. Pengembangan Diri

B

 

Program IPA

Mata Pelajaran

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kelas XI

Kelas XII

PPK dan Praktik

Sikap

PPK dan Praktik

Sikap

  1. Pendidikan Agama
 a. Alqur’an dan Hadits

75

B

75

B

 b. Akidah Akhlak

75

B

 c. Fiqih

75

B

75

B

 d. SKI

75

B

 e. Bahasa Arab

65

B

65

B

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

75

B

75

B

  1. Bahasa Indonesia

75

B

75

B

  1. Bahasa Inggris

65

B

65

B

  1. Matematika

65

B

65

B

  1. Biologi

75

B

75

B

  1. Kimia

75

B

75

B

  1. Fisika

75

B

75

B

  1. Seni Budaya

75

B

75

B

  1. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

75

B

75

B

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

75

B

75

B

  1. Muatan Lokal/Belajar Membaca Kitab (BMK)

65

B

65

B

13. PendidikanJurnalistik (Life Skill)

65

B

65

B

14. Pengembangan Diri

B

B

Program IPS

Mata Pelajaran

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kelas XI

Kelas XII

PPK dan Praktik

Sikap

PPK dan Praktik

Sikap

  1. Pendidikan Agama
 a. Alqur’an dan Hadits

75

B

75

B

 b. Akidah Akhlak

75

B

 c. Fiqih

75

B

75

B

 d. SKI

75

B

 e. Bahasa Arab

65

B

65

B

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

75

B

75

B

  1. Bahasa Indonesia

75

B

75

B

  1. Bahasa Inggris

65

B

65

B

  1. Matematika

65

B

65

B

  1. Sejarah

75

B

75

B

  1. Geografi

75

B

75

B

  1. Ekonomi

75

B

75

B

  1. Sosiologi

75

B

75

B

  1. Seni Budaya

75

B

75

B

  1. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

75

B

75

B

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

75

B

75

B

  1. Muatan Lokal/Belajar Membaca Kitab (BMK)

65

B

65

B

  1. PendidikanJurnalistik (Life Skill)

65

B

65

B

  1. 15.          Pengembangan Diri

B

B

No

Mata Pelajaran

KKM

 X

 XI

 XII

11

Muatan LokalBahasa JawaAswajaNahwu

Sharaf

Faroid

Baca Al Qur’an

Imla’

fathul Qorib

fathul majid

Ta’lim Mutallim

Iddatul Faridh

Al Ibris

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

75

Kriteria ketuntasan minimal siswa ditetapkan oleh musyawarah guru bidang studi berdasarkan acuan yang ditetapkan Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah Palang Tuban. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa tersebut berbeda pada setiap setiap mata pelajaran.

Sistem Penilaian

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam system penilaian adalah sebagai berikut :

  1. Dilaksanakan pada akhir tahun ajaran 2009/2010 .
  2. Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas  XI, apabila yang bersangkutan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
  3. Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas  XII, apabila yang bersangkutan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
  4. Peserta didik yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang yaitu mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat kelas yang sama pada tahun pelajaran berikutnya.
  5. Laporan Hasil Belajar Siswa disampaikan kepada siswa dan orang tua/ wali siswa, setiap akhir semester.

Pindah Madrasah

MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang   Tuban  telah memfasilitasi adanya peserta didik yang pindah sekolah, baik antar madrasah atau antar sekolah .

Sedangkan untuk pelaksanaan pindah madrasah/sekolah lintas propinsi/kabupaten/kota, dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Propinsi/Mapendas Kanwil Depag dan Kabupaten/ kota setempat.

MA Unggulan Al Mustofawiyah Palang Tuban  telah menentukan persyaratan pindah / mutasi siswa sesuai dengan prinsip manajemen berbasis madrasah, antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut :

  1. Menyesuaikan bentuk Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) dari madrasah/sekolah asal sesuai dengan bentuk rapor yang digunakan oleh madrasah/sekolah tujuan.
  2. Melaksanakan tes atau matrikulasi bagi siswa pindahan.

Kriteria Kelulusan Ujian Nasional dan Madrasah

  1. Aspek Akademis, meliputi : memiliki rapor yang lengkap untuk kelas  X,  XI dan  XII.
  2. Telah memiliki nilai ujian untuk semua mata pelajaran yang diujikan.
  3. Tidak terdapat nilai ≤ 6,00 baik untuk ujian tulis maupun ujian praktik seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai rata-rata Ujian Nasional maupun ujian madrasah tidak boleh ≤ 6,00
  4. Aspek non Akademik meliputi : Nilai rata-rata kepribadian (kelakuan, kerajinan dan kerapian dan kedisiplinan) pada semester I dan II kelas  XII minimal baik.
  5. Kehadiran di madrasah pada semester I dan II kelas  XII minimal 90% dari jumlah hari efektif.
  6. Seorang siswa dinyatakan TIDAK LULUS apabila tidak memenuhi aspek Akademik ATAU aspek non Akademik seperti yang tersebut diatas.

 

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Mustofawiyah Palang  Tuban dilaksanakan pada pagi riilnya ada 6 kelas . Kegiatan pembelajaran siswa Putra Putri Kelas  X A,B, Kelas  XI A,B dan Kelas  XII A,B masuk pagi mulai jam 07.00 s/d 12.50 WIB.

a. Kegiatan kurikuler  meliputi mata pelajaran :

  • Umum                                         :       PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, IPA, Matematika, SBK, Penjaskes, Tekinfokom
  • Pend.Agama                              :  Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, SKI, Bhs.Arab
  • Muatan Lokal                  :           Bahasa Jawa
    • Penunjang/Hidden  :         :     Nahwu, Sharaf, Aswaja, Faroid, Baca Al-Qur’an, Baca Kitab Kuning, Imla’, Muhafadhoh, fathul Qorib, fathul majid, Ta’lim Mutallim, Iddatul Faridh

Dan Al Ibris

b.    Kegiatan ekstrakurikuler meliputi :

  • Kepramukaan
  • Munaqosah
  •  Kesenian
  • Olahraga
  • Muhadhoroh
  • Diskusi/Dialog
  • Diklatpim
  • PHBI dan PHBN
  • Kursus/Pelatihan-pelatihan
  • Seni Baca Al-Qur’an
  • Istighosah
  • Lomba-lomba/Class metting
  • Bakti Sosial/Santunan
  • Khotmil Qur’an
  • Group Sholawat dan seni music
  • latihan menjahit
  • UKM

Kegiatan Ulangan Mid Semester dilaksanakan setiap 3 bulan sekali dengan pelaksanaan secara terjadwal mulai kelas  X s/d kelas  XII, dengan soal disiapkan oleh Guru mata pelajaran masing-masing , sedangkan kegiatan Ulangan Umum Semester I dan II dilaksaakan 6 bulan sekali .

 

H.    SARANA PRASARANA

  1. 1.              Ruang Pembelajaran

  NO

Jenis Ruang

Jumlah

Pemnafaatan

Kondisi

Sesuai

Tidak

Baik

Rusak

1

Ruang Kelas

6

Ö

-

6

-

2

Ruang Lab. IPA

1

Ö

-

1

-

3

Ruang Lab.Komputer

1

Ö

-

1

-

4

Ruang Lab.bahasa

1

Ö

-

1

-

5

Ruang Musik

1

Ö

-

1

-

6

Ruang Keterampilan

1

Ö

-

1

-

4

Ruang Perpustakaan

1

Ö

-

1

-

  1. 2.           Sarana Penunjang

NO

Jenis Ruang

Jumlah/Volume

Pemanfaatan

Kondisi

Sesuai

Tidak

Baik

Rusak

1

Ruang Kepala Sekolah

15 m2

Ö

-

Ö

-

2

Ruang Guru

20 m2

Ö

-

Ö

-

3

Ruang OSIS

12 m2

Ö

-

Ö

-

4

Ruang UKS

15 m2

Ö

-

Ö

-

5

Ruang BP

15 m2

-

Ö

-

Ö

6

Kantin Sekolah

35 m2

Ö

-

Ö

-

7

Ruang Tata Usaha

35 m2

Ö

-

Ö

-

8

Pagar Depan

950 m2

Ö

-

Ö

-

9

Pagar Keliling

1095 m2

-

-

-

-

10

Jalan Masuk

12 m2

Ö

-

Ö

Ö

11

Lapangan Olahraga

750 m2

Ö

-

Ö

-

12

Lapangan Upacara

675 m2

Ö

-

Ö

-

13

Jalan Penghubung Bangunan

30 m2

-

Ö

-

Ö

14

Taman Sekolah

75 m2

Ö

-

Ö

-

15

Pohon Peneduh

25 buah

-

Ö

Ö

-

16

Tempat Sepeda

300 m2

-

Ö

Ö

-

17

Papan Nama

1 buah

-

Ö

Ö

-

18

Gudang

24 m2

-

Ö

Ö

-

19

Ruang Tamu

10 m2

-

Ö

Ö

-

20

Sanggar Pramuka

42 m2

-

Ö

Ö

-

21

Masjid

- m2

-

Ö

Ö

-

            3.     Alat Paraga /Sarana Pembelajaran

No

Jenis Alat

Yang Ada

Yang Dibutuhkan

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

3

 

 

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

 

Olah RagaBola VollyBola Sepak

Bola Takrow

Bola Basket

Raket Bulu Tangkis

Net Volly

Net Bulu Tangkis

Cakram

Tolak Peluru

Lembing

Tiang Lompat Tinggi

Bak Lompat Jauh

Meja Tinis

IPA

KIT IPA

IPS

Globe

Peta

Kesenian

Rebana

TIK

Komputer

Sarana Kantor

LCD Proyektor

Handy Cam

Kamera Canon

Kamera Digital

Sond Sistem

TV Pembelajaran

VCD Pembelajaran

5                      buah1                      buah4                      buah

1                      buah

2                      pasang

1                      buah

2                      buah

2                      buah

1                      buah

-                      buah

1                      buah

-                      buah

-                      buah

-                      set

-                      buah

1                      buah

-                      buah

10                    buah

-                      buah

-                      buah

-                      buah

-                      buah

-                      buah

-                      buah

-                      buah

12                    buah6                      buah12                    buah

3                      buah

25                    pasang

3                      buah

3                      buah

6                      buah

6                      buah

6                      buah

1                      buah

2                      buah

1                      buah

4                      buah

5                      buah

12                    buah

1                      unit

35                    unit

1                      buah

1                      buah

1                      buah

1                      buah

4                      buah

6                      buah

6                      buah

 

4.     Meubel

NO

Jenis Ruang

Volume

( Ruang )

Pemanfaatan

Kondisi

Sesuai

Tidak

Baik

Rusak

1

Meja murid

I50

Ö

-

75

75

2

Kursi murid

150

Ö

-

75

75

3

Meja guru

4

Ö

-

4

-

4

Kursi guru

4

Ö

-

2

2

5

Almari

10

Ö

-

7

3

6

Etalase

-

-

-

-

-

7

Kursi Tamu

2

-

Ö

-

Ö

 

    c.       PERSENTASE KELULUSAN SISWA 5 TAHUN  TERAKHIR

NO

TAHUN

JUMLAH

JUMLAH

KETERANGAN

L

P

1

2006/2007

23

28

51

100 %

2

2007/2008

33

42

75

100 %

3

2008/2009

25

37

62

100 %

4

2009/2010

15

45

60

100 %

5

2010/2011

20

46

66

100 %

d.       PERSENTASE PEROLEHAN NILAI UN 5 TAHUN TERAKHIR

   1.    Tahun 2006/2007

NILAI

BIN

ING

EKO

IPA

JUMLAH

Klasifikasi

B

A

A

-

A

Rata-rata

7.05

8.91

7.72

-

23.68

Terendah

5.20

6.40

5.50

-

19.60

Tertinggi

8.60

10.00

8.75

-

25.65

 

2.    Tahun 2007/2008                                                    

NILAI

BIN

ING

MAT

EKO

SOS

GEO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

C

A

Rata-rata

8.94

7.92

9.06

8.55

9.05

6.40

49.92

Terendah

7.60

6.40

7.75

8.00

8.00

5.00

46.35

Tertinggi

9.40

8.40

9.25

9.50

9.50

7.00

51.60

 

  1. a.        5.                                                                   3. Tahun 2008/2009

A. IPA

NILAI

BIN

ING

MAT

FIS

KIM

BIO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

A

A

Rata-rata

8.07

8.51

8.52

8.60

8.41

8.11

50.22

Terendah

6.80

8.00

8.00

8.00

7.50

7.50

48.20

Tertinggi

8.80

8.80

9.00

9.00

8.75

8.50

5145

 

       B. IPS

NILAI

BIN

ING

MAT

EKO

SOS

GEO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

B

A

Rata-rata

8.01

8.443

9.53

8.08

7.58

7.03

48.66

Terendah

6.20

7.80

9.25

7.75

7.00

6.25

46.85

Tertinggi

8.60

8.80

10.00

8.25

8.25

7.75

50.45

  1. b.                                                                                                                 4. Tahun 2009/2010
  2. c.                                                                                                                 A. IPA

NILAI

BIN

ING

MAT

FIS

KIM

BIO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

A

A

Rata-rata

8.07

8.51

8.52

8.60

8.41

8.11

50.22

Terendah

6.80

8.00

8.00

8.00

7.50

7.50

48.20

Tertinggi

8.80

8.80

9.00

9.00

8.75

8.50

5145

 

       B. IPS

NILAI

BIN

ING

MAT

EKO

SOS

GEO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

B

A

Rata-rata

8.01

8.443

9.53

8.08

7.58

7.03

48.66

Terendah

6.20

7.80

9.25

7.75

7.00

6.25

46.85

Tertinggi

8.60

8.80

10.00

8.25

8.25

7.75

50.45

  1. d.                                                                                                                 5. Tahun 2010/2011
  2. e.                                                                                                                 A. IPA

NILAI

BIN

ING

MAT

FIS

KIM

BIO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

A

A

Rata-rata

8.59

8.54

8.93

9.10

8.75

8.88

52.79

Terendah

7.50

8.20

8.00

8.50

8.20

8.30

51.10

Tertinggi

9.10

8.80

9.40

9.40

9.00

9.30

54.10

 

       B. IPS

NILAI

BIN

ING

MAT

EKO

SOS

GEO

JUMLAH

Klasifikasi

A

A

A

A

A

B

A

Rata-rata

8.75

8.69

8.91

8.84

8.52

8.25

51.96

Terendah

8.40

8.60

8.40

8.20

7.90

7.60

50.70

Tertinggi

9.20

8.90

9.30

9.20

8.90

8.70

52.90

  1. E.                                                                                                                          
  2. F.                                                                                                                         e.       DATA PRESTASI SISWA SISWA

1.    Bidang  Keagamaan

No

Tahun

Jenis Lomba

Tingkat

Juara

1

2005 MTQ Kecamatan

-

2

2006 MTQ Kabupaten

-

3

2007 Pidato B.Indonesia Kabupaten

-

4

2008 Pidato B.Arab Kabupaten

-

5

2008 Pidato B. Inggris Kabupaten

3

6

2010 Puisi Islam Kabupaten

1

7

2010 Karnaval Kecamatan

3

 

2.    Bidang  Mata Pelajaran

No

Tahun

Jenis Lomba

Tingkat

Juara

1

2005

Fisika Kabupaten

-

2

2006

Matematika Propinsi

-

3

2007

Bahasa Inggris Kabupaten

-

4

2008

Bahasa Arab Kabupaten

-

5

2009

Baca Kitab Kuning Kabupaten

-

3.      Bidang Olahraga

No

Tahun

Jenis Lomba

Tingkat

Juara

1

2005 Voly Ball Kabupaten

-

2

2006 Sepakbola Kabupaten

-

3

2007 Tenes Meja Kabupaten

-

4

2008 Gerak jalan Kabupaten

-

5

2009 Sepakbola Kabupaten

-

4.      Bidang Kesenian

No

Tahun

Jenis Lomba

Tingkat

Juara

1

2005 Kaligrafi

Kabupaten

-

2

2006 Kaligrafi

Kabupaten

-

3

2007 Lukis

Kabupaten

-

4

2008 KIR

Kabupaten

-

5

2009 KaliGrafi

Kabupaten

-

 

J.     PROFIL LULUSAN

No                  No

Jenis Kegiatan

Jumlah Siswa

Keterangan

1

Melanjutkan Perguruan Tinggi Negeri

33

-

2

Melanjkan Perguruan Tinggi Swasta

76

-

3

Melanjutkan Perguruan Tinggi Agama

66

-

4

Melanjutkan Ponpes

61

-

5

Bekerja

125

-

6

Lain-lain / Tidak terdeteksi

122

-

 

  1. K.      DATA PRESTASI MADRASAH 5 TAHUN TERAKHIR

             

No

Tahun

Jenis Lomba

Tingkat

Juara

1

2007

Madrasah Berprestasi

Kabupaten

-

2

2007

Turnamen Sepakbola Tingkat MA

Kabupaten

-

3

2008

Gerak Jalan Putri Tingkat MA

Kecamatan

-

4

2009

Karnaval

Kecamatan

Harapan 1

5

2010

Karnaval

Kecamatan

3

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: